Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Bayi-Cegukan

Ilustrasi Bayi

Tidak hanya orang dewasa yang mengalami cegukan, terkadang bayi pun mengalami cegukan terutama saat sehabis minum susu atau makan.

Cegukan terjadi karena adanya gerakan refleks dari tubuh saat otot diafragma mengalami pengencangan mendadak akibat udara yang tiba-tiba tertarik masuk melalui mulut. Walaupun cegukan termasuk dalam hal yang biasa dan tidak akan berlangsung lama, tapi hal tersebut sangatlah mengganggu.

Banyak cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan cegukan pada bayi. Mungkin banyak yang belum tau dengan cara lama yang sangat mudah ini. yaitu dengan menggunakan tisu basah. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan basahi tisu dengan air hangat kemudian tutup jari telunjuk dengan tisu dan tempelkan ke dahi sang bayi tepat diantara kedua matanya sambil berkata “Ayo berhenti… ayo berhenti…”

Memang terkesan aneh, tapi mengapa bisa demikian? Tisu basah hangat tersebut dapat mengalihkan perhatian bayi dari cegukan. Air hangat dapat membuat bayi rileks, saat bayi rileks itulah organ tubuhnya akan kembali normal dengan sendirnya.

Selain itu, cara mudah lainnya adalah dengan menyandarkan bayi dengan tegak dan menghadap anda, lalu tepuk-tepuk lembut punggungnya. Cara ini dapat mendorong udara ke atas dan dengan segera menghentikan cegukan.

Artikel terkait