Kenapa Saat Hidung Tersumbat Rasa Makanan Jadi Kurang Enak?

Hidung tersumbat

Kenapa rasa makanan tidak begitu kuat ya kalau pilek?

Saat sedang pilek atau mengalami gangguan pada hidung, rasa makanan yang biasa kita makan akan jadi kurang lezat. Apalagi jika itu adalah makanan favorit kita, rasanya jadi tidak seperti biasanya. Kenapa rasanya kurang enak saat hidung tersumbat? Jawabannya ialah karena hidung juga mengecap rasa makanan.

Lidah kita bisa mengecap berbagai rasa yakni rasa manis, rasa tajam, rasa pahit, rasa asam dan rasa asin. Tapi lidah kalah dengan hidung dalam hal mengecap banyak rasa. Sel-sel dalam hidung juga berfungsi untuk mengecap rasa melalui aroma makanan.

Saat hidung mencium aroma makanan, indera pengecap dalam hidung pun terangsang. Anak tekak pun merespon dan membuat rasa yang dirasakan lidah menjadi lebih kuat dan mantap.

Dengan kata lain, lidah saja tidak cukup untuk mengecap makanan, tapi juga dibutuhkan peran dari hidung. Saat hidung tersumbat karena pilek, sel-sel dalam hidung yang berfungsi mencium bau tertutup oleh lendir. Karena itu partikel bau yang tersebar di udara tidak dapat dirasakan oleh sel-sel tersebut. Karena hidung tidak dapat mencium dengan baik, otomatis rasa makanan jadi kurang kuat.

Masih ada lagi..

Aroma yang masuk melalui hidung juga berfungsi untuk memberitahu otak bahwa makanan tersebut enak dan patut dimakan. Setelah otak menerima rangsangan tersebut, otak langsung mengirimkan sinyal untuk memakan makanan tersebut. Makanan yang sedap dipandang, aromanya sedap, merupakan nilai tersendiri sebelum makanan itu masuk ke dalam mulut.

Untuk membuktikan bahwa peran hidung memang begitu penting dalam mengecap rasa, cobalah untuk meminum jamu yang pahit dengan menutup hidung. Bandingkan dengan tidak menutup hidung, mana yang lebih pahit. Atau coba makan makanan favoritmu dengan menutup hidung, pasti kurang enak deh :P